Minggu, 22 Juli 2012

Sejarah Tentang Bulan Suci Ramadhan

Pernahkan kalian berpikir ingin mengetahui tentang sejarah ramadhan? mari kita bahas sama-sama. Sebelum itu, ada baiknya membaca artikel Jadwal Puasa 2012 dan Bacaan Niat Berpuasa bagi yang belum tahu.

Sejarah Ramadhan Secara Etimologis dan Harfiah

Ramadhan berasal dari bahasa Arab yakni (ر م ض ن). Kata (ر م ض ن) berasal dari kata ra-mi-dla. Secara harfiah Kata ra-mid-la bila diartikan ke dalam bahasa indonesia yaitu panas atau kering kerontang.

Sejarah Ramadhan Berdasarkan Rukun Islam

Rukun islam ada lima perkara, diantara lain:

  1. Membaca dua kalimat syahadat
  2. Melakukan sholat lima waktu
  3. Memberi zakat
  4. Menunaikan ibadah puasa dibulan ramadhan
  5. Naik haji jika mampu

Begitulah kata anak saya saat ditanya tadi setelah selasai jamaah shalat maghrib. Serta sebagai jawaban nabi Muhammad SAW saat ditanya oleh malaikat jibril.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan sejarah ramadhan yaitu puasa. Hal ini justru ada hubungannya. Sekilas tentang puasa ramadhan. puasa ramadhan adalah puasa yang dilakukan pada bulan suci ramadhan.

Sejarah Puasa Ramadhan Menurut Kitab Suci Al-Quran

Kemudian timbul pertanyaan "sejak kapan puasa ramadhan itu diwajibkan?" nah, ini adalah poin penting yang justru perlu pemikiran khusus, ketenangan hati, dan keyakinan. Sebab kita hidup di jaman kaum ajam. Tentu kita tidak tahu pasti sejarah ramadhan itu kan.

Namun, setidaknya ada hal-hal yang dapat meyakinkankan kita yaitu pada kitab suci al-quran. Dalam surat al-baqarah ayat 183 dijelaskan:

يَأٰيُّهَا الَّذِينَ أَمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِىكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Sampai disini dulu penjelasan tentang sejarah ramadhan. Karena jika kita bahas, akan ada ambiguitas. Lebih jelasnya perbedaan pendapat para ulama. Lebih baik kita yakin kepada kitab suci al-quran dari pada mempersoalkan yang tidak kita ketahui. Yang penting kita sudah ada pandangan dan tahu dasar-dasar sejarah ramadhan.

3 komentar:

Oil Spil mengatakan...

Ayat ini malah membuat saya bingung..."sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu " artinya sebelum ada umat Islam dan ajaran Nabi Muhammad SAW kewajiban puasa itu sudah ada? siapa yg menjalankannya? Umat Yahudi dan Nasrani?

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@Oil Sipil: kan sudah di jelaskan di atas bahwa kita hidup pada jaman sekarang yang jauh sebelum kitab suci al-quran diturunkan. yah, kita sebagai orang bodoh tentu tidak tahu. (tapi yang jelas, keyakinan terhadap al-quran bagi umat islam adalah wajib) Mungkin jika anda ingin pengetahuan yang lebih luas, langsung saja ke tokoh agama setempat.

Anonim mengatakan...

topik di atas sudah bagus namun ada sedikit yang membuat saya bingung dan kurang puas karena saya tidak bisa menyimpulkan dari bahasannya apabila dikaitkan dengan topik tersebut. malah justru menimbulkan pertanyaan-pertanyaan antara lain; sejak kapan Puasa Ramadhan itu mulai di wajibkan dan kenapa pada bulan itu dikatakan bulan Ramadhan ?

Poskan Komentar