Selasa, 10 Juli 2012

Situbondo (Disinilah aku dilahirkan)

bayi Situbondo
Bayinya imut, gak tau anaknya siapa tuh

Situbondo adalah kota kelahiranku. Tepatnya, saya lahir di desa Wringin Anom, kec Asembagus, Kab Situbondo. Disinilah saya dilahirkan dan dibesarkan. Kota santri yang sangat saya cintai. Tidur di rumah kecil, tidak pernah merasakan empuknya tidur di hotel. Rasanya ingin sekali mengenang masa-masa dulu. Bukan bermaksud menceritakan asal-usul situbondo. Namun, hanya sedikit berdongeng tentang kehidupanku di Situbondo.

Curhatanku Kepada Kota Situbondo

Saya masih ingat betul saat menjadi santri seorang kiai bernama K.H. Siddiq Ansori. Tempat pengajian tersebut tidak jauh dari rumahku. Hanya sekitar 200 Meter. Saya dididik sebagai santri. Diajari mengaji, membaca kitab, Belajar tata krama, dll.
Setiap hari minggu, nenekku selalu mengantarkan saya mengaji ke K.H. Raden Kholil As’ad Syamsul Arifin. Disana banyak anak kecil yang sebaya juga mengaji. Ribuan orang berdatangan yang hanya bermaksud untuk mengaji.
Setiap detik, kenangan itu menjadi lambang kedamaian. Sebab, apalah arti hidup saya sekarang ini. Dibilang sampah masyarakat, sangatlah pantas. Keji dan hina. Ingin sekali mencucurkan air mata, namun tak bisa.
Bukannya tidak mau bekerja, karena sulitnya lowongan kerja di situbondo. Makan sehari sepiring saja. Bukannya pelit, tapi lumbung kosong. Ditambah lagi didesak pernikahan, sungguh saya tidak sanggup menanggung beban ini.
Sangat tak pantas mendongengkan yang bermaksud membuka aib diri-sendiri. Tapi, kepada siapakah saya harus curhat, melainkan hanya kepada tulisan. Karena setiap waktu hanya ditemani laptop yang jelek ini.
Seperti inilah sejarah hidupku. Penuh dengan derita hidup. Sakitnya diri selalu menghantui. Semoga semua ini cepat berakhir. Semoga tidak ada lagi yang namanya penderitaan. Amin ya rabbal alamin.
Bagi anda yang sedang membaca isi artikel diatas. Mohon untuk tidak menyebarluaskan. Cukup anda renungi saja. Dan jika anda terharu, silahkan ungkapkan pendapat anda melalui kotak komentar dibawah. Tentunya yang bersifat mendidik.

Asal-Usul Situbondo atau Sejarah Situbondo

Asal-Usul Situbondo atau Sejarah Situbondo versi I yaitu Pangeran Situbondo yang ditemukan di wilayah Kelurahan Patokan yang sekarang menjadi kota.
Asal-Usul Situbondo atau Sejarah Situbondo versi II diambil dari arti kata SITUBONDO yang berasal dari kata : SITI = tanah dan BANDO ikat. Hal ini dikaitkan dengan suatu keyakinan bahwa orang pendatang akan diikat untuk menetap di kota Situbondo.

Kabupaten Situbondo

Kabupaten Situbondo adalah suatu kota/kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. Kota Situbondo terletak di wilayah pesisir utara pulau Jawa, dikelilingi perkebunan padi, tebu, lokasi usaha perikanan, tembakau, dan hutan lindung Baluran. Letaknya yang strategis, menjadi jalur transportasi darat Jawa Bali, kegiatan perekonomian lumayan terjaga.

Pasir Putih Situbondo

Pasir Putih Situbondo adalah salah satu tujuan wisata berupa pantai yang memukau. Hal ini disebabkan letaknya yang  strategis, yaitu di utara jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Wisatawan yang  hendak menuju ke Bali atau yang sedang menuju Gunung Bromo bisa mampir untuk beristirahat sejenak dan menyaksikan keindahan panorama wisata pasir putih situbondo.

Kode Pos Situbondo

Bagi yang sedang menjadi kode pos situbondo sesuai kecamatan, ini daftarnya:
  1. Arjasa: 68371
  2. Asembagus: 68373
  3. Banyuglugur: 68359
  4. Banyuputih: 68374
  5. Besuki: 68356
  6. Bungatan: 68358
  7. Jangkar: 68372
  8. Jatibanteng: 68357
  9. Kapongan: 68362
  10. Kendit: 68352
  11. Mangaran: 68363
  12. Mlandingan: 68353
  13. Panarukan: 68351
  14. Panji: 68321
  15. Situbondo: 68311
  16. Suboh: 68354
  17. Sumbermalang: 68355
Semoga sedikit curhatan yang disisipi info situbondo ini dapat berguna dan bermanfaat bagi orang situbondo maupun orang luar situbondo yang sedang mencari informasi tentang situbondo. Salam hangat dari Blogger Situbondo

0 komentar:

Posting Komentar