Minggu, 30 September 2012

Hati-Hati dengan Algoritma Google 2012

Google selalu update algoritma. Ada yang namanya penguin, ada juga panda. Ada lagi yang bernama sandbox. Asumsi saya, mengapa algoritma google selalu berubah-ubah yakni menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. Saya akan menceritakan tentang bagaimana setaaan.blogspot.com terjaring algoritma google. Entah penguin, sandbox, dan panda. Saya tidak tahu.

penguin, sandbox, panda

Berelasi dengan kontes SEO. Tahun 2012 akhir, banyak sekali kontes SEO yang diselenggarakan. Ada tiga kontes SEO yang akan berakhir pada pertengahan bulan Oktober 2012. Para blogger pencari receh tentu tidak akan sibuk dengan urusan update blog dengan niche blog tersebut. Melainkan, sibuk optimasi supaya bisa menang kontes SEO. Lawong hadiah yang ditawarkan jutaan rupiah, siapa yang tidak mau.

Saya pun juga begitu. Ikutan kontes SEO dengan harapan bisa jadi juara. Jika menang, uangnya akan digunakan untuk isi pulsa modem. Pengunjung yang budiman harus tahu hal ini. Seorang blogger tidak serta-merta memberikan informasi yang diinginkan para pengunjung. Pada dasarnya mengeluarkan modal untuk dapat upload suatu tulisan. Yakni dengan cara membayar koneksi internet.

Harapan saya, jangan mengeluh jika blog favorit anda tidak update. Mungkin mereka sibuk optimasi atau sedang tidak bisa akses internet.

Hubungan antara algoritma google dengan kontes SEO sepertinya sangat erat sekali. Sebab, postingan yang dikhususkan untuk kontes SEO mengandung unsur SEO. Apa saja yang menjadikan Algoritma google jatuh cinta kepada suatu blog yang sedang mengikuti kontes SEO?

  • Adanya keyword yang berlebihan
  • Pemberian karakter yang berlebihan pada keyword
  • Over anchor teks pada hyperlink dengan keyword tertentu
  • Suntikan backlink yang tidak natural
  • Dan lain sebagainya yang belum saya ketahui

Kronologinya begini kawan. Kemaren saya posting 2 artikel dengan tema berbeda yang di maksudkan untuk mengikuti kontes SEO. Postingan yang pertama terlalu banyak keyword dan over anchor teks. Sedangkan postingan yang kedua, pemberian backlink yang banyak dengan hitungan menit. Al-akhir, dua-duanya menghilang di pencarian google. Padahal sebelumnya ada. Anehnya, postingan tersebut masih terindeks.

Saya tidak tahu algoritma google yang mana yang sedang jatuh hati. Yang pasti kejadian tersebut membuat saya pesimis. Sebab, dengan waktu yang terlalu singkat saya tidak akan bisa bersaing karena tidak mungkin memberikan suntikan backlik yang natural. Saya akan kalah karena backlik yang mendukung hanya sedikit. Akhirnya saya putuskan untuk tidak berpartisipasi. Akan tetapi saya akan mengikuti kontes SEO yang masih panjang jangka waktunya.

Yang terakhir, ulasan diatas hanya sebatas pengalaman saja. Tidak mutlak akan dialami anda. Jika penasaran, colabah nyepam!! lihat hasilnya. Apakah semakin mantap di SERP atau juga mengalami apa yang sedang saya alami. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Mari saling sharing pengalaman tentang algoritma google 2012.

NB: Sekarang nambah lagi nih. Postingan tentang Sehat Alami dengan Produk Indonesia telah menghilang dari peredaran. Setelah cari tahu sana-sini. Ternyata terkena google sandbox. Hayolah om google, jangan tenggelamkan artikel saya.

0 komentar:

Posting Komentar