Jumat, 21 September 2012

SEO dan Promosi untuk Google dan Manusia

Ketika anda adalah seorang blogger seperti saya. Pasti anda mengenal SEO, SERP, Optimisasi, Sosial Bookmarking, Blog Dummy, DLL. Belajar SEO itu mudah, asal kita peka. Sedangkan Promosi sudah barang tentu menawarkan suatu hal dengan harapan tertentu.

Bagaimana kata SEO dan Promosi dapat disatukan? mari simak cerita pengalaman saya dalam mengolah Blog ini sejak pembuatan sampai sekarang.

Pengalaman Pribadi Belajar Blog dan SEO

Diluar konteks diatas, Pada tahun 2011 saya membaca buku tentang blogging for money. Tertarik dengan itu, akhirnya memutuskan untuk membuat blog. Saya belajar blog selama setahun lebih. Dikarenakan persoalan pas dan tidak pas, design yang kurang optimal, template yang kurang SEO Friendly. Kalau dihitung-hitung, blog saya sudah ratusan. Dan setaaan.blogspot.com menjadi pilihan terakhir.

Singkat cerita, Juni lalu saya sedang membaca artikel milik blog sebelah yaitu kontes SEO. Dengan hadiah uang tunai yang tidak tanggung-tanggung, yakni 7 digit pada 3 besar. Saya putuskan untuk mengikuti kontes SEO tersebut. Nah, disitulah saya belajar SEO.

Membaca banyak tutorial SEO dari blog yang ahli. Berbeda owner, berbeda trik SEO yang diberikan. Bahkan sampai dibilang rahasia SEO. Lalu, saya ikuti saja. Memang dasarnya saya tidak tahu.

Kemudian, Kemaren blog ini masuk 20 besar alias juara. Meskipun rasa senang itu datang, ada yang mengganjal dihati. Seraya timbul unek-unek benarkah tekhnik SEO yang saya lakukan sudah benar?

Sambil menulis artikel review untuk kontes SEO. Akhirnya setiap kali browsing, yang dicari yaitu KW tertarget yang sudah ditetapkan untuk optimisasi kontes SEO. Jam berganti hari, hari berganti Minggu, minggu berganti bulan, saat kepala ini ingin pecah. Datanglah sebuah jawaban yaitu KOMBINASI.

Mula-mula saya berpikir bahwa google itu hanyalah mesin pencari sederhana. Namun setelah banyak pengalaman pahit di SERP, saya mengklaim Google juga Manusia.

SEO untuk Google

Istilah backlink dan content is the king sudah tidak asing lagi di telinga seorang blogger. Google itu suka tulisan yang baru, segar, dan unik. Google juga menyukai backlink. Backlink dibuat untuk meningkatkan Popularitas suatu post artikel.

Promosi untuk Manusia

Suatu usaha, entah itu produksi atau distribusi. Tentu perlu adanya promosi. Kalau dirumah namanya sales yang bagian promosi. Kalu di daerah anda mungkin relationship. Dengan adanya promosi, orang akan tahu dan ada salah satu dari mereka yang tertarik.

Sama halnya dengan tulisan kita. Kita promosikan dengan banyak cara. kita submit, menyisipkan url di blog orang lain dengan cara berkomentar, dan lain sebagainya.

Kombinasi SEO dan Promosi

Telah dijelaskan bahwa menurut pendapat saya, google juga manusia. Jadi, samakan saja dari segi perasaan, keinginan, dan hasrat. Jika ada seorang yang berpromosi dengan gaya, tutur kata, penampilan yang itu-itu saja, tentu kita akan bosan. Tapi jika cara promosi itu dinamis, maka akan ada hal baru yang menghipnotis diri kita.

Maka dari itu, ini dapat kita terapkan pada saat mencari backlik, jangan hanya menggunakan KW itu tok, ganti atau sisipkan sedikit kata ajakan, rayuan, dan juga senyuman. Insyaallah dengan hal ini, google akan mengajak artikel anda berada di puncak pelaminan.

3 komentar:

Obat Herbal Penyakit Diabetes mengatakan...

jadi buatlah artikel itu sedinamis dan seunik mungkin ya,,sehingga tercipta artikel yang disukai google,,gimana kalau artikel nya tidak terindeks terus? apakah itu karena web nya yang masih baru atau memang penilaian google ..thanks

Anonim mengatakan...

kalau belum terindeks biasanya blognya baru dan kekurangan backlink. setahu saya cukup update tiap hari, insyaallah google akan suka. kalo toko online seperti anda sepertinya juga perlu adanya update tiap waktu. Itu sih menurut pengalaman saja. soalnya algoritma google selalu berubah tiap bulannya.

Bung Dwijaya mengatakan...

Meski belum paham apa yang dibahas tapi nambah pengetahuanku soal SEO.

Posting Komentar