Selasa, 09 Oktober 2012

Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran

Cara Mencegah dan Menanggulangi TawuranBerbicara tawuran menyangkut banyak lembaga, instansi, keluarga, personal, pendidikan, dan suatu organisasi. Dari semua elemen mempunyai pengaruh terhadap timbulnya tawuran. Sudah banyak tawuran yang terkabar di media massa. Di lingkungan pendidikan terdekatpun seperti SMP dan SMA sudah pasti terdapat sebuah kegiatan yang bernama “TAWURAN”.

Maka dari itu, saya mewakili para pemuda dan pemudi indonesia akan memberikan suatu asupan bagaimana cara mencengah dan menanggulangi tawuran. Sejenak saya berpikir, apa penyebab kegiatan tawuran itu terealisasi? apakah timbuh dari hati pribadi manusia atau ada suatu persoalan yang merangsang para putra dan putri indonesia untuk melakukan tindakan tawuran?

Seperti sumpah pemuda yaitu "KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA". Apakah dengan menumpah darah sesama putra putri bangsa kita dibilang dan diakui sebagai putra putri indonesia?

Dari sedikit pendekatan dan pemikiran tentang tawuran, saya menghimpun beberapa informasi. Mari simak beberapa cara mencegah dan menanggulangi tawuran.

Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran

Yang perlu diketahui, kita harus melihat bahwa kenakalan remaja sudah lumrah. Ego seorang pemuda sangat ambisius. Kita tidak punya hak terhadap segerombolan siswa maupun mahasiswa yang mempunyai hak untuk melakukan tindakan tawuran.

Definisi tawuran menurut saya yaitu terjadinya suatu perkelahian antara kelompok A dengan kelompok B. Jadi saya katakan tawuran itu adalah ORGANISASI TAWURAN. Nah, disini kita ambil kesimpulan bahwa setiap orang yang terlibat dalam tawuran adalah orang yang dekat secara emosional dengan pihak yang BERPENGARUH memotori tindakan tawuran.

Kita lihat ada dua frasa yang dicetak tebal di paragraf diatas yaitu “organisasi tawuran dan berpengaruh”. Sudah ada pencerahan kan. Sekarang kita lakukan observasi. Apakah tindakan tawuran itu akan terjadi jika orang yang berpengaruh besar terhadap tawuran itu tidak ada di organisasi tawuran? Jawabannya adalah iya.

Sebuah riset pribadi saya yaitu ketika saya masih SMP. Saya termasuk orang yang berpengaruh terhadap organisasi tawuran. Katakanlah saya pemimpin dari teman-teman saya. Apapun yang melibatkan permusuhan, semuanya selalu bertanya kepada saya. Mau dihajar atau tidak, keputusan ada ditangan saya.

Sekitar tujuh kali saya tawuran pada masa SMP dengan teman-teman SMP dan juga teman sekampung. Saya terlihat gagah dan pemberani dimata pihak musuh maupun teman sendiri. Saya bangga. Meskipun didikan orang tua, sekolah, sampai guru ngaji itu sudah dalam batas didikan. Saya tetap saja tawuran. Karena memang saya mau dibilang orang yang paling berani di waktu itu, begitupun teman-teman saya.

Saya rayu mereka dengan berbagai rayuan. Saya pengaruhi mereka supaya menjadi gagah dan berani untuk bertarung. Bahkan teman yang bencong juga ikut tawuran pada masa SMP-ku. Semua itu karena pengaruh saya yang besar terhadap teman-teman saya.

Waktu SMA, saya pun tetap menjadi orang favorit. Namun, tidak ada tawuran sama sekali pada waktu itu. Saya hanya fokus untuk menggoda wanita saja. Memacari banyak cewek yang cantik-cantik. Memacari cewek yang saya suka. Tiap malam minggu apel kerumah cewek-cewek. Minggu sekarang cewek A, minggu berikutnya cewek B, dan seterusnya.

Itulah pengalaman sekaligus menjadi sebuah contoh tentang tawuran. Kesimpulannya, Jadilah orang yang berpengaruh diantara teman-teman anda. Pengaruhi teman-teman anda ke jalan yang benar. Saya katakan pasti tidak akan terjadi tawuran.

Ini adalah salah satu cara untuk mencengah dan menanggulangi tawuran. Dan saya tidak akan berbicara panjang. Sebab, saya tidak punya pengalaman di bidang lembaga dan istansi. Kasarannya saya bukan aparat pemerintah atau seorang guru. Jika nanti saya menjadi seorang guru atau polisi, tentu cara dan sudut pandangnya akan berbeda.

Demikian dari saya. Semoga pemuda dan pemudi indonesia menjadi tunas bangsa yang sangat ditunggu-tunggu dalam mengembangkan kehidupan indonesia ke kehidupan madani.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bersatu: Cara Mencegah Dan Menanggulangi Tawuran

4 komentar:

Shohibul Kontes Unggulan Indonesia Bersatu mengatakan...

Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Salam hangat dari Surabaya

Yadik Hendriyanto mengatakan...

ya. salam balik dari Situbondo

Obat Herbal Penyakit Miom mengatakan...

butuh perhatian penuh dari orang tua serta perlunya didikan dari kecil saya yakin kalau anak didik dengan benar sedini mungkin, kelak ia akan tumbuh besar dan berbudi pekerti dan ber ahklak mulia.! artikel yang menarik.

Obat Herbal Kanker Payudara mengatakan...

memang susah mengubah adat yang sudah berakar,,,tpi apa salahnya kita mencoba,,yuk kita lakukan hal positif...

Posting Komentar