Sabtu, 13 Oktober 2012

Sikap Positif Bahasa Indonesia

Sikap Positif Bahasa Indonesia Menciptakan Kerukunan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa, dan BernegaraBahasa indonesia adalah bahasa nasional orang indonesia. Pentingnya bagi kita untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar di dalam bertutur kata guna menyampaikan informasi di dunia nyata maupun di internet. Pada dasarnya sifat suatu bahasa yaitu dinamis. Bahasa baru sangat cepat berkembang dan membudaya. Budaya indonesia belakangan ini menyerap bahasa asing dan bahasa gaul.

Peranan Bahasa Asing Terhadap Bahasa Indonesia

Sikap Positif Bahasa IndonesiaAwal mula penyerapan bahasa asing, saya temukan di perkuliahan. Biasanya terdapat dalam diskusi sebuah organisasi intra maupun ekstra. Hal ini ada kaitannya dengan bahasa ilmiah yang sering dipakai oleh para dosen, wartawan, organisasi politik, dan sebagainya. Misalnya, kata relasi, dalam bahasa inggris yaitu relationship yang artinya "hubungan". Dalam contoh yang saya sering temukan sebagai berikut:

  • Saya sedang mencari relasi yang kuat supaya kelak tidak sulit mencari kerja.
  • Relation itu penting di dalam kampus maupun diluar kampus.

Ada sebuah cerita tentang sebuah kata relasi. Pertama saya masuk kuliah yaitu tahun 2007 tepat dengan bulan puasa. Pada waktu itu saya direkrut untuk mengikuti sebuah diklat organisasi ekstra. Di dalam sebuah ruangan (Forum) ada sekitar 97 peserta diklat yang juga termasuk moderator dan pemateri.

Singkat cerita, si pemateri selesai memberikan materi tentang pentingnya organisasi lalu masuk dalam sesi tanya jawab. Ada seorang peserta diklat semester tua mengajukan pertanyaan sebagai berikut, "organisasi itu memang sebuah wadah yang menghimpun para militan, yang saya tanyakan yaitu apakah relasinya dengan perkuliahan? sebab menurut saya kuliah itu lebih penting dari pada organisasi".

Saya yang baru masuk kuliah dengan dasar orang desa hanya kebingungan ketika mendengarkan. Berpikir apa yang dia katakan. Relasi itu apa. Apakah relasi adalah mata kuliah atau sebuah buku. Mau bertanya kepada peserta lain, saya malu karena tidak kenal. Yang lebih parah lagi takut diejek dan ditertawakan.

Itulah sebuah cerita tentang kata relasi. Bahkan, saat saya semester empat jurusan sastra indonesia. Kata tersebut menjadi sebuah mata kuliah yaitu Public Relations. Pada akhirnya saya membeli kamus bahasa inggris dan kamus ilmiah populer. Saya pelajari meskipun jarang menggunakannya. Karena, bagi saya. Kebesaran bahasa bukan terletak pada bahasanya, melainkan terletak pada maksud dan tujuannya.

Saya mengakui, bahwa kebanyakan (mayoritas) orang indonesia itu tidak tahu bahasa ilmiah. Jadi, dalam penyampaian suatu informasi, saya menggunakan bahasa sederhana yakni bahasa indonesia sesuai Ejaan Yang Disempurnakan. Misalnya, blog ini yaitu memuat berbagai macam informasi, puisi, dan catatan pribadi.

Sudah barang tentu, para pengunjung tidak hanya dari kalangan berdasi. Oleh karena itu, sikap positif bahasa indonesia yang saya gunakan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan akan menciptakan sebuah kerukunan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tidak ada pandang bulu. Semuanya dapat memahami bahasa saya. Semuanya mampu dan mengerti tentang maksud dan tujuan dari setiap artikel yang mereka baca.

Pendidikan Bahasa Indonesia di Kalangan Orang Tua

Sikap Positif Bahasa IndonesiaBerbahasa satu yakni bahasa indonesia. Bahasa adalah sebuah identitas diri dan bangsa. Tapi, di jaman yang pintar ini. Bahasa indonesia belum dapat dicerna baik oleh orang tua dahulu yang pada masa kecilnya tidak berpendidikan. Mereka tidak dapat menggunakan bahasa indonesia yang baik. Hanya saja mampu dan luwes berbahasa daerah.

Oleh karena itu, perlu sekali masuknya pendidikan bahasa indonesia di kalangan orang tua. Contohnya orang tua saya sendiri. Bapak saya sempat mengenyam pendidikan dasar. Namun, berhenti kelas 4 SD. Ibu saya tidak bersekolah sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa indonesia belum sepenuhnya menguasai masyarakat.

Suatu hal yang ironis sekali di dalam tubuh bahasa indonesia itu sendiri. Sebuah cerita, Ketika terjadi suatu perbincangan antara bapak saya dengan salah seorang karyawan bank yang tidak mengerti bahasa daerah. Terjadi adanya komunikasi yang gagal. Karyawan bank tidak mengerti bahasa bapak saya, sedangkan bapak saya juga tidak mengerti bahasa karyawan bank. Akhirnya maksud dan tujuan seorang karyawan bank tidak tersampaikan.

Maka dari itu, penting sekali adanya pembelajaran bahasa indonesia di kalangan orang tua. Supaya hakikat berbahasa satu yakni bahasa indonesia dapat menciptakan kerukunan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bahasa Indonesia di Kalangan Blogger

Sikap Positif Bahasa IndonesiaSeorang blogger (narablog) indonesia sudah mencapai 48.700 pada tanggal 10 Oktober 2012. Besok atau lusa pasti akan bertambah mengingat mudahnya cara membuatnya. Banyak sekali ragam blogger indonesia. Seorang blogger biasanya menulis tentang catatan pribadi, agenda, tips, tutorial, review, dan sebagainya bermaksud untuk memberikan informasi secara cuma-cuma sampai menguangkan tulisannya.

Karena di dalam blog itu tidak ada sebuah konstitusi tentang bagaimana harus menulis di dalam blog? Atau diharuskan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai EYD dalam menulis sebuah konten. Maka, bahasa yang mereka gunakan sesuai dengan kemauannya pribadi. Ada yang menggunakan bahasa gaul, ada yang menggunakan bahasa lama, ada yang menggunakan bahasa asing, ada yang menggunakan bahasa indonesia dengan tidak tepat, tetapi juga ada yang menggunakan bahasa indonesia sesuai EYD.

Tidak etis bagi saya membahas hak orang lain. Akan tetapi, dengan datangnya bulan bahasa dan sastra indonesia 2012, semoga seluruh narablog paham dan mengerti apa yang akan saya maksudkan dibawah ini.

Orang yang sedang mencari informasi di internet akan menemukan blog yang berisi informasi tertentu. Saya sendiri ketika mencari informasi di internet, selalu memilah dan memilih blog mana yang patut di klik lalu dibaca. Banyak sekali blog yang berisi informasi dengan bahasa yang tidak enak dibaca, akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan blog tersebut. Lalu mengklik blog yang lain. Ini menunjukkan bahwa pentingnya seorang blogger untuk menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar supaya pengunjung tidak meninggalkan blog anda.

Kesimpulan

Dari ketiga contoh diatas, saya tarik kesimpulan umum yaitu kita sebagai orang indonesia perlu membina bahasa nasional yakni bahasa indonesia. Yang belum menguasai bahasa indonesia, mari belajar bersama. Yang sudah paham, gunakanlah bahasa indonesia dengan Bijak. Maka, akan tercipta kerukunan hidup yang harmonis di dalam masyarkat indonesia.

Referensi: Pengalaman Pribadi, Inspirasi: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/

14 komentar:

Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu mengatakan...

Bahasa memang terus berubah sepanjang peradaban manusia masih ada dan selama masih menggunakan bahasa sebagai sarana komunikasi. Bahasa yang paling baik adalah bahasa yang komnikatif....
Lanjutkan sob, blog edukasi masih banyak yang belum bisa mempertahankan keberadaannya di dunia maya....
Semoga blog ini bisa tetap eksis...
Salam

Yadik Hendriyanto mengatakan...

Yah, benar gan. terimakasih telah berkunjung dan masukannya. Bahasa yang komunikatif itu penting untuk menjalin kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

sawali tuhusetya mengatakan...

dari suprstrukturnya, fungsi dan kedudukan Bhs Indonesia sesungguhnya cukup kuat. sudah ada UU no. 24 tahun 2009. Namun, agaknya tidak salah kalau ada yang berpendapat bahwa kebanggaan warga bangsa ini terhadap bahasa nasionalnya sdh mulai luntur.

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@sawali: bahasa indonesia sejatinya mampu untuk membuat kerukunan hidup bermasyarakat yang kuat. Namun, bagaimana masyarakat itu sendiri dalam memberikan perannya terhadap perkembangan bahasa indonesia itu sendiri. dan terima kasih atas apresiasinya.

Pusat Obat Tradisional mengatakan...

bahasa indonesia itu banyak disepelekan, terlihat mudah tetapi sulit .
terbukti dengan nilai UN Bhs Indonesia yg standar ..

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@Pusat Obat: penting sekali kita sebagai orang terdidik untuk membina serta mengevaluasi bahasa indonesia di masyarakat. terimakasih telah berkunjung

Obat Tradisional Untuk Amandel mengatakan...

semoga dengan kemajuan zaman yang semakin pesat, masyarakat indonesia bisa tercerdaskan dan sadar akan pentingnya memelihara bahasa persatuan kita, yaitu bahasa indonesia.

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@Obat Tradisional: benar sekali kawan. terimakasih telah berkunjung

Unlimit -Soft mengatakan...

wah.. informatif banget nih sob.. :D bahasa emang smakin lama semakin plural dan semakin banyak sleweng sana sini, bukan indonesia aja punya bahasa gaul, inggris juga, cuman lebih terstruktur.. :D

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@unlimit: yah, begitulah bahasa masa kini. maka dari itu, kita wajib membina bahasa indonesia dengan sebaik-baiknya.

obat mujarab hepatitis b mengatakan...

bahasa yang baik mencerminkan pribadi yang baik pula

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@obat mujarab: terimakasih telah menyimpulkan sikap positif bahasa indonesia.

Obat Herbal Penyakit Sinusitis mengatakan...

betul banget gan kita harus membiasakan sikap positif

Yadik Hendriyanto mengatakan...

@obat herbal: terimakasih telah berkunjung, mari tingkatkan sikap positif terhadap bahasa indonesia.

Posting Komentar