Senin, 08 April 2013

Mineral Penting Untuk Saraf Yang Sehat

 

Mineral Penting Untuk Saraf Yang Sehat - Salah satu mineral makro yang perannya sangat penting bagi tubuh manusia adalah magnesium. Tulang dan otot adalah bagian di mana sebagian besar kandungan magnesium berada. Sisanya, tersebar di cairan dan seluruh sel pada tubuh. 
 
Tahukah Anda bahwa tubuh manusia tidak memproduksi magnesium sendiri? Padahal faktanya magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan tubuh atas magnesium bisa dicukupi lewat makanan sehat. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan kram otot, lemah otot, kejang, lemah tulang, sakit kepala, tekanan darah tinggi, bahkan juga meningkatkan denyut jantung. 
 
Berikut manfaat dan peran pentingnya magnesium bagi tubuh. Read on.
 
  • Membuat semua saraf jadi rileks
Selain berperan sebagai mineral penting bagi kesehatan saraf dan otot, magnesium juga merupakan mineral yang berperan merelaksasi otot tubuh. Magnesium sangat penting terutama bagi Anda yang gemar berlatih beban.
 
Peran utama magnesium adalah sebagai pencegah kalsium dalam jumlah lebih agar tidak masuk ke sel saraf. Kelebihan kalsium dapat mengakibatkan sistem saraf manusia bereaksi terlalu banyak. Magnesium membantu saraf manusia menjadi kendur.
 
  • Mengobati dan mencegah tekanan darah tinggi
Studi terbaru tentang manfaat magnesium yang dilakukan kepada 1.173 orang menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan diastolik 2-3 mmHg dan penurunan tekanan sistolik 3-4 mmHg.
 
Angka penurunan tekanan tersebut memang tidak besar namun cukup signifikan dalam mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung. 
 
  • Meringankan serangan asma
Magnesium dapat meredakan asma dan juga meningkatkan fungsi paru-paru manusia. Hal ini karena magnesium mampu melebarkan bronkus dan juga merelaksasi otot halus yang terdapat dalam saluran pernapasan. Oleh karena itu, magnesium otomatis juga bisa mencegah penyempitan saluran pernapasan. 
 
  • Menurunkan resiko diabetes
Hasil penelitian yang dilakukan University of North Carolina-Chapel Hill menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi diet tinggi magnesium maka resiko terkena diabetes tipe 2 juga akan rendah. Peran magnesium adalah sebagai pengurang inflamasi sistemik dan juga meningkatkan sensitivitas insulin.
 
 
Makanan yang mengandung magnesium
Kandungan magnesium bisa Anda dapatkan dari makanan seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji labu, sereal, havermut, tepung gandum utuh, pisang, kentang panggang (beserta kulitnya), kemangi, biji adas, biji opium, biji jinten, mustard kering, ketumbar, bubuk coklat, rumput laut, kacang pinus, dan masih banyak lagi. 
 
Magnesium sitrat, magnesium laktat, dan juga magnesium glukonat merupakan tiga bentuk magnesium yang direkomendasikan bagi Anda. Ketiga magnesium tersbut dapat diserap oleh tubuh dengan lebih baik jika dibandingkan dengan bentuk magnesium lainnya.