Sabtu, 06 April 2013

Pantai Timang

 

Long weekend sudah di depan mata, tidak ada salahnya kalau anda mempersiapkan tempat liburan yang akan anda habiskan untuk menikmati liburan panjang nanti. Nah bagi anda yang berencana untuk berwisata ke kota Yogyakarta, kali ini ada satu lagi objek wisata yang layak untuk anda kunjungi, namanya Pantai Timang. Pantai yang berada di daerah Gunung Kidul ini memang belum terlalu dikenal oleh wisatawan karena tempatnya yang cukup terpencil. Namun jika anda menyukai pantai yang sepi dengan pemandangan yang menakjubkan, Pantai Timang adalah jawabannya.
 
Pantai Timang yang terletak di sebelah barat Pantai Siung ini memang belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Akses menuju pantai ini juga masih berupa jalan tanah yang melewati perkampungan. Disarankan, bila anda berkunjung ke pantai ini menggunakan sepeda motor atau mobil 4WD (4 wheel drive) yang mempu menghadapi jalanan tanah.
 
Mungkin pepatah bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian ada benarnya. Setelah anda bersusah payah melakukan perjalanan ke Pantai Timang, pemandangan yang disajikan oleh pantai ini memang tidaj sia-sia. Dengan batu karang di tengah lautn yang disebut Batu Panjang dan kereta gantung sederhana yang bisa digunakan menyeberang ke karang, anda akan menikmati sensasi menaiki “gondola” yang tidak terlupakan.
 
Sebenarnya, kereta gantung itu awalnya digunakan oleh penduduk setempat untuk ke karang yang berada di seberang pantai guna memancing ikan dan berburu lobster, karena Watu Panjang ini dikenal sebegai tempat berburu lobster yang paling baik. Nah. Kereta gantung ini dibangun oleh warga setempat dengan tambang sepanjang kurang lebih 200 m dengan diameter 4 cm. wahana untuk meluncur melalui jalur tersebut dibuat dari kayu yang dibentuk menjadi kursi. Walaupun terlihat tidak aman, namun kereta gantung ini cukup kokoh untuk dinaiki.
 
Kereta gantung ini dioperasikan dengan cara ditarik menggunakan sistem katrol. Memang, tidak ada jaminan ataupun pihak yang bertanggungjawab atas keselamatan Anda ketika naik kereta gantung sederhana ala nelayan setempat ini. Tapi jika berani mengambil risiko untuk menjajal, sensasinya luar biasa. Meluncur tidak sampai ke seberang pun tak masalah. Tubuh Anda akan terayun-ayun pada ketinggian sekitar 50 m di tengah riuh suara ombak berdebur. Jika ombak sedang besar, ketinggiannya bisa mencapai posisi Anda yang sedang duduk di kursi gantung. Siap-siap saja untuk basah kuyup.
 
Dan, bagi anda yang tertarik untuk mencoba sensasi menaiki “kereta gantung” ala Pantai Timang ini, anda harus merogoh kocek hingga Rp 100.000,00 sekali bolak-balik meluncur ke Batu Panjang.
 
Selain menaiki “kereta gantung”, anda juga bisa menikmati sajian lobster dan ikan hasil tangkapan para nelayan yang masih terjamin kesegarannya. Hmm sound great place with a great view yaaa…


1 komentar:

sewa mobil jakarta mengatakan...

Mantap, tahun depan saya berencana ke sana. Makasih infonya.

Posting Komentar