Senin, 23 Juli 2012

Contoh Kegiatan di Bulan Ramadhan

Sepertinya perlu mengadakan Kegitan Bulan Ramadhan. Sebab kata para ustad pahalanya lebih dibandingkan pada bulan selain ramadhan. Kegiatan Ini tidak hanya bergantung pada instansi agama saja. Namun dapat dilaksanakan seluruh instansi.

Mungkin bagi anda yang sedang duduk dibangku sekolah misalnya, atau sebagai ketua umum di komunitas tertentu. Ingin mencari Kegiatan Bulan Ramadhan, Blogger Setan akan memberikan daftar beserta penjelasannya.

Perlu diketahui, Kegiatan Bulan Ramadhan yang akan blogger setan sebutkan ini hanya yang bersifat mendidik, bermanfaat, serta bersifat sosialitas.

1. Khataman Al-Quran

Khataman Al-Quran ini dapat dilakukan pada siang hari "dilakukan secara jamaah dari pagi sampai sore". Manfaatnya; dapat melatih membaca al-quran bagi yang jarang membaca, meningkatkan kedekatan kepada sang pencipta, Dapat melebur nafsu. Seperti yang sudah dijelaskan di Keistimewan Ramadhan bahwa terdapat beberapa manfaat membaca Al-Quran.

Sisi negatifnya yaitu Riya'. Jika penyakit itu ada saat pelaksanaan. Bukannya mendapat pahala, yang ada hanya dosa. Bersihkan dulu hati kita, buang jauh-jauh perasaan ingin di sanjung.

2. Buka Bersama

Kegiatan ini sering saya lakukan dulu semasa remaja. Baik di sekolah, madrasah, maupun umum. Penting: bentuklah panitia supaya buka bersama dapat berjalan dengan lancar. Biasanya soal iuran sifat jelek manusia yang menghalangi yaitu tamak. Jika terorganisir, insyaallah buka bersama tidak akan mendapatkan kendala.

Jangan segan untuk memberi lebih, sebab memberi makan atau minum kepada orang yang berpuasa sama halnya berpuasa. Baca hadist dibawah!

Dari Zaid bin Kholid AL-Juhani berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَن فطَّر صائماً كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيء " .

رواه الترمذي ( 807 ) وابن ماجه ( 1746 ) وصححه ابن حبان ( 8 / 216 ) والألباني في " صحيح الجامع " ( 6415 )

"Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun." HR. Tirmizi, 807. Ibnu Majah, 1746. Dan dishohehkan oleh Ibnu Hibban, 8/216. Dan oleh Al-Bany di shoheh Al-Jami', 6415.

Lebih bagus lagi disisipi ceramah agama sebelum buka bersama. Selain mendapat pahala lebih, kegiatan buka puasa bersama dapat meningkatkan solidaritas pertemanan. Amin… semoga hubungan sesama muslim tetap harmonis.

3. Takjilan

Kegiatan ini cukup aneh, jarang terdengar. Blogger Setan saat kuliah baru tahu adanya kegiatan takjil. Meskipun waktu mengaji ke langgar di masa kecil sudah mendengar kata tersebut. (تعجيل‎) secara harfiah adalah "segera". Di indonesia (تعجيل‎) itu makanan. Namun tidak apa-apalah. Yang penting kata takjil dapat dipahami maksudnya yaitu menyediakan makanan dan minuman gratis pada saat hampir berbuka puasa. Jadi makanan dan minuman ini diberikan kepada orang yang berpuasa.

Perlu diketahui, takjil ada yang dijual dan ada juga yang diberikan cuma-cuma. Lokasi kegiatan ini biasanya di pinggir jalan raya, lampu merah persimpangan jalan, dll. Intinya yang banyak orangnya.

Kalau Blogger Setan dan teman-teman dulu mengadakan takjil niatnya pengan banyak kenalan cewek cantik. hehehe… jangan ditiru ya!!

Mungkin tiga kegiatan bulan ramadhan diatas dapat menjadi contoh bagi yang sedang mencari kegiatan-kegiatan di bulan ramadhan.

0 komentar:

Posting Komentar