Minggu, 29 Juli 2012

Tekhnik Menulis Khusus Blogger Pemula

Tekhnik Menulis Khusus Blogger Pemula merupakan bagian dari belajar blog. Blogger Setan akan mengajari Cara Menulis Artikel di Blog yang baik. Memang benar bahwa dalam membuat blog tidak memerlukan tutor. Akan tetapi, dalam mengisi konten perlu adanya teknik jitu dan keterampilan khusus. Setelah anda benar-benar mahir menulis konten, baru Belajar SEO.

Mengapa perlu tekhnik menulis? karena menulis itu lebih sulit dari pada berbicara. Berdasarkan pengalaman saya selama menjadi blogger, hal tersulit adalah menulis artikel yang disukai orang. Sejak itu saya mulai berpikir, bagaimana caranya supaya orang menyukai tulisan saya? berhari-hari, sampai berminggu-minggu jawaban tidak kunjung ditemukan.

Sehingga saya urungkan niat untuk menjadi penulis hebat. Saya mencoba baca-baca artikel  orang lain yang saya sukai saja. Seperti berita, hal-hal unik, cerita lucu, dll. Suatu ketika, ada artikel blogger lain yang berjudul "Perbanyaklah membaca jika kamu ingin pandai menulis".

Wah… sungguh bermanfaat dan akhirnya saya tersugesti perkataan "perbanyaklah membaca". Sehingga kegiatan nge-game diganti membaca. Alhamdulillah, apa yang disebutkan di artikel tersebut benar-benar manjur. Sekarang saya dapat menulis dengan baik.

Lantas, apa saja yang didapat dari pengalaman tersebut? mari kita simak sama-sama:

  1. Kaya Kosa kata: beda penulis tentu beda karakter tulisan. Jika kita membaca artikel dari 2 blog yang berbeda adminnya, pasti atmosfer saat kita membaca terasa berbeda satu-sama lain. Yang membedakan tentunya ada dari segi kosa kata. Insyaallah jika anda membaca 100 blog yang berbeda dengan admin yang berbeda pula, setidaknya anda dapat menguasai berbagai kosa kata. Disinilah kita sebagai blogger pemula dapat mengambil hikmah dari banyak membaca.
  2. Terkontaminasi Gaya Penulisan: Hal ini tergantung pada tulisan siapa yang mendominasi atau paling sering dibaca anda. Jika anda sering membaca berita di kompas, insyaallah anda akan meniru artikel kompas dengan sendirinya. Saya pernah mengalaminya sendiri saat membuat blog percobaan dengan judul "Wartawan Situbondo".
  3. Mendapatkan banyak referensi: Poin ini yang saya suka dalam banyak membaca. Selain dua poin penting diatas, referensi jauh lebih penting menimbang secara nalar pembaca lebih suka artikel yang variatif dan inovatif. Sehingga akan banyak pengunjung baru yang ingin mengunjungi blog anda lagi.

Itulah sebagian besar pengalaman saya dalam mengasah “Tekhnik Menulis” dari banyak membaca.

Selain membaca adakah cara lain dalam belajar menulis? ada, yaitu "mengamati". Karena jika kita hanya membaca, pikiran kita biasanya akan tertuju kepada isi dari artikel yang anda baca. Namun jika kita mengamati dari setiap paragrafnya, pikiran kita akan tertuju hanya kepada tekhnik penulisan. Untuk sekedar percobaan, coba amati artikel saya yang dikhususkan untuk kontes SEO, yaitu (Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman). Disana sudah saya terapkan tekhnik SEO. Jika pada tanggal 8 September 2012 blogger setan menjadi pemenangnya. Silahkan meniru tekhnik yang saya lakukan di postingan kontes tersebut.

Saran: Sebaiknya langsung mencoba dan terus mencoba, jangan takut salah! Dengan mencoba kita pasti bisa.

Semoga Tekhnik Menulis Khusus Blogger Pemula bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar